Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizOJK Ungkap Nasib Pinjol Tahun Tahun Depan

OJK Ungkap Nasib Pinjol Tahun Tahun Depan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkap kinerja fintech peer to peer (P2P) lending atau yang kerap disebut pinjaman online (pinjol) pada tahun depan, kala dunia tengah dihadapkan dengan ancaman resesi global.

Direktur Pengaturan, Perizinan dan Pengawasan Fintech OJK, Tris Yulianta melihat adanya pelambatan performa penyaluran dana di sektor fintech P2P lending ini. Hal itu seiring dengan proyeksi ekonomi global maupun domestik yang melambat pada tahun 2023 mendatang.

“Kalau penurunan (kinerja fintech P2P lending) sih enggak, tapi peningkatannya tidak secepat tahun ini,” kata Tris dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (12/11).

Kendati demikian, Tris meyakini bisnis permodalan di sektor pinjol ini masih bisa tumbuh. Hanya saja, para lender alias pemberi pinjaman akan lebih selektif dalam menyalurkan modal.

“Tapi saya masih yakin tumbuh karena ini juga komitmen dari para pelaku untuk memberikan layanan,” kata Tris.

OJK, menurutnya, sedang memperjuangkan platform fintech berbasis P2P lending untuk lebih efisien, sehingga lebih memberikan keringanan dan efisiensi bagi masyarakat kita.

“Untuk masyarakat kita yang bermasalah, kreditnya bermasalah, bagaimana lender melakukan restrukturisasi dan lain-lain,” kata Tris.

Sehingga ke depan, lanjutnya, fintech masih bisa bertahan, dan bahkan bisa berkontribusi untuk menghadapi tekanan ekonomi di tahun 2023.

Tris pun meminta fintech untuk tidak hanya menyalurkan dana, tetapi juga memberikan pendampingan bagi para pengguna layanan alias debitur.

“Bagaimana membantu ke depannya seperti itu sehingga bisa memperkuat atau menghadapi tantangan tahun 2023 yang tekanannya tinggi, ada yang bilang ekonominya gelap dan lain-lain,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.