Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

RESEP : Air Guraka, Minuman Tradisional Khas Maluku

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Air guraka merupakan minuman asli Maluku yang sering sekali dijumpai di Ternate dan Pulau Halmahera. Minuman tradisional ini, memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh karena kaya akan campuran rempah-rempah.

Minuman tradisional khas Maluku yang satu ini, berbahan dasar jahe, dengan perpaduan rempah seperti kenari, daun pandang, gula aren Maluku. Air Guraka tentunya, berbeda dengan minuman tradisional di pulau Jawa, karena warna pada air guraka lebih hitam pekat.

Minuman satu ini, cocok dikonsumsi saat musim hujan, karena berfungsi untuk menghangatkan tubuh dikala hujan turun dan dinginnya suhu udara pasca hujan. Selain itu, manfaat dari air guraka yakni menambah imunitas, meredakan sakit tenggorokan, melawan virus hingga menghangatkan tubuh.

Yuk ikuti Resep Air Guraka, Minuman Tradisional Khas Maluku dibawah ini.

Bahan

  • 500 ml air
  • 10 cm Jahe diparut
  • 2 keping gula merah
  • Garam secukupnya
  • Kenari yang telah disangrai secukupnya
  • 1 lembar daun pandan (ikat simpul)

Cara Membuat

  • Langkah pertama, masak air, gula, daun pandan dan jahe serta berikan garam secukupnya, tunggu hingga gula larut dan tercium aroma harum dari daun pandan dan jahe.
  • Langkah kedua, sangkar kacang kenari slice sampai kuning, lalu angkat dan sisihkan.
  • Langkah ketiga, tuang air guraka ke dalam gelas tanpa ampas, lalu tambahkan kacang kenari sangrai dan sajikan.

Paling seger dinikmati saat hujan, dengan dibarengi pisang goreng hangat sebagai pelengkap minum air guraka yang kaya akan khasiat bagi kesehatan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru