Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hari Kebebasan Sedunia, 9 November : Simak Sejaranya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Kebebasan Sedunia atau World Freedom Day diperingati pada tanggal 9 November di setiap tahunnya.

Hari Kebebasan Sedunia yang jatuh tepat di hari ini merupakan sejarah penting peradaban dunia atas peristiwa 9 November tahun 1989 silam di Jerman.

Sejarah Singkat Hari Kebebasan Sedunia

Pada 9 Novermber 1989, tercatat sejarah penting dimana Tembok Berling runtuh. Diketahui, Tembok Berlin tersebut merupakan pemisah antara Berlin Barat yang menganut sistem demokratis dengan Berlin Timur yang komunis.

Tembok Berlin itu sendiri sudah berdiri hampir 3 dekade lamanya, sebagai simbol dari perang dingin. Runtuhnya Tembok Berlin kemudian menandai bahwa demokrasi mulai bangkit, dan jatuhnya komunis di Eropa Timur dan Tengah.

Berakhirnya komunisme di Eropa Timur dan Tengah tersebut sekaligus memastikan kebebasan bagi semua.

Hari Kebebasan Sedunia ini pun sejatinya dideklarasikan oleh Presiden AS, George W Bush pada 2001 sebagai hari perayaan federal Amerika Serikat.

Seiring pergantian Presiden di Amerika Serikat, Hari Kebebasan Sedunia ini terus digaungkan, seperti di era Presiden Barack Obama, Hari Kebebasan Sedunia dicanangkan pada 9 November 2016, dan 9 November 2017 oleh Donald Trump.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sejarah Hari Perdamaian Internasional 21 September

Pada tanggal 21 September setiap tahunnya, masyarakat dunia memperingati Hari Perdamaian Internasional atau International Day of Peace. Peringatan ini bukan hanya sekadar hari untuk memperingati perdamaian, tetapi juga memiliki makna mendalam.

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru