HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang indah dari Sang Maha Pencipta. Pasalnya, kondisi gerhana ini terjadi disebabkan oleh posisi bumi yang menghalangi bulan mendapatkan akses cahaya langsung dari matahari.

Gerhana bulan tersebut akan terjadi pada hari ini, Selasa 8 November 2022. Hampir semua wilayah di Indonesia bisa melihat secara langsung fenomena alam ini.

Berikut adalah beberapa kawasan yang akan ditampilkan oleh keindahan gerhana bulan tersebut ;

17.16 WIB, 18.16 WITA dan 19.16 WIT :
Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Maluku. (Kondisi umbra 2).

17.59 WIB :
Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur dan Kalimantan Barat.

18.08 WIT :
Papua dan Papua Barat. (Kondisi Umbra 1 / Gerhana Matahari Total).

18.42 WIB :
Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Bengkulu. (Kondisi umbra 3).

Sebagai tambahan, gerhana bulan total bisa dilihat oleh masyarakat di kawasan Indonesia Bagian Barat (19.49 WIB), kawasan Indonesia Bagian Tengah (20.49 WITA) dan kawasan Indonesia Bagian Timur (21.49 WIT).

Sekedar diketahui Sobat Holopis, bahwa gerhana bulan memiliki 3 fase, yakni gerhana bulan sebagian, gerhana bulan penumbra dan gerhana bulan total. Ketiganya memiliki karakteristik dan keindahannya sendiri-sendiri.

Gerhana Bulan Sebagian biasa disebut sebagai gerhana bulan parsial. Kondisi ini terjadi ketika bumi tidak seluruhnya menghalangi bulan dari sinar matahari. Karakteristik gerhana bulan sebagian ini akan tampak permukaan bulan berada di daerah penumbra, sehingga secara kasat mata bisa terlihat jelas sebagian permukaan bulan bisa disinari oleh matahari.

Gerhana Bulan Penumbra terjadi ketika permukaan bulan berada di aera penumbra. Karakteristik gerhana ini tampak permukaan bulan akan terlihat suram, karena hanya mendapatkan sebagian saja cercahan cahaya matahari yang membias dari permukaan bumi yang menutupinya.

gerhana bulan
Ilustrasi gerhana bulan.

Gerhana Bulan Total adalah kondisi dimana bulan berada penuh di kawasan bayangan umbra. Situasi ini bisa digambarkan matahari, bumi dan bulan berada di area garis lurus.