Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Panglima TNI Sebut Serangan Cyber Mulai Ada di KTT G20

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan aparat keamanan telah mendeteksi dan mengatasi serangan cyber pada penyelenggaraan KTT G20 di Pulau Bali.

Selain itu, tidak ada ancaman keamanan signifikan yang ditemukan pihaknya.

Andika menerangkan bahwa dalam pengamanan KTT G20 pihaknya menggunakan cara kerja yang sama saat latihan militer Super Garuda Shield bekerja sama dengan militer negara tetangga.

“Kerja sama sama inilah yang kemudian membuat kita lebih teliti. Apakah ada pendeteksi tentang potensi-potensi atau rencana-rencana tertentu. Sejauh ini, secara umum ini, selain (serangan) cyber, kelihatannya belum ada yang signifikan. Tapi, kalau cyber memang harus saya akui, ada,” kata Jenderal Andika kepada Holopis.com di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Bali, Senin (7/11).

Andika juga tidak menjelaskan secara detail tentang ancaman cyber mendekati KTT G20 itu. Tapi yang pasti pihaknya bersama Badan Siber Sandi Negara (BSSN), dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta Polri sudah berkali-kali untuk mencoba melakukan simulasi.

“Dan kebetulan juga ada gangguan yang real atau benaran (serangan cyber). Tapi itu justru membuat kami lebih matang sebenarnya. Serangan-serangan itu, bagaimana kemudian kami merespons beberapa cepat,” ujarnya.

“Kami merespons itu, sebetulnya malah membuat kami lebih siap, terus terang saja. Tapi, kami tetap mengimbau kepada semua masyarakat Indonesia untuk membantu, seandainya mereka yang mempunyai skill dan kemampuan juga, kemudian melihat adanya percobaan-percobaan gangguan terhadap jaringan cyber,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

TNI AU Bakal Unjuk Alutsista di HUT TNI ke 79 di Monas

Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono memastikan, bahwa pihaknya akan menurunkan performa kekuatan alat utama sistem senjata (alutsista).

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru