HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua telah menyiapkan setidaknya sebanyak 3.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang untuk ditempatkan di 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

“Ya, sebanyak 3.000 ASN telah dipersiapkan untuk mengisi tiga DOB di Papua,” kata Plt Kepala BPSDM Papua, Anthony Mirin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (7/11).

Tiga DOB Papua, yang meliputi provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Tengah, masing-masing akan menerima sekitar 1.000 ASN.

Anthony menambahkan, 3.000 ASN tersebut diambil dari provinsi induk dan kabupaten-kabupaten di wilayah pemerintahan tiga DOB.

Adapun untuk saat ini, kata Anthony, pihaknya masih berupaya untuk menata ASN, baik dari sisi kesiapan maupun kualitas mereka yang akan menenmpati pemerintahan di tiga DOB Papua tersebut.

“Kami telah menyusun program rencana teknis pelatihan untuk dilaksanakan bagi ASN, yang akan ditempatkan di tiga DOB di Papua itu,” ucapnya.

Adapun untuk pelatihan tersebut, baru akan dilaksanakan pada tahun depan, mengingat penganggaran untuk tahun 2022 ini sudah berakhir.

“Untuk 2022 ini sudah tidak bisa dilakukan, karena anggaran 2022 sudah berakhir,” tuturnya.