HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengklaim bahwa dirinya telah melakukan percakapan dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membahas beberapa hal penting.

Pernyataan tersebut diunggah oleh Zelensky di akun Twitternya, beberapa hari pasca Jokowi menyatakan bahwa dia juga telah menghubungi Presiden Rusia, Vladimir Putin.

“Baru saja berbicara melalui telepon dengan Presiden Indonesia Jokowi. Kami membahas pentingnya melanjutkan Inisiatif Laut Hitam,” kata Zelenskyy yang dikutip Holopis.com dari akun Twitternya, Jumat (4/11).

Dalam unggahannya juga, Zelenskyy juga ikut menyatakan bahwa dirinya mendukung Presidensi G20 yang dipegang oleh negara Indonesia.

“Ukraina siap untuk menjadi penjamin ketahanan pangan global. Perhatian juga diberikan pada persiapan KTT G20,” kembali ditulisnya.

Sebelumnya, diberitakan dalam unggahan di akun Twitternya, Jokowi mengatakan bahwa dirinya telah melakukan komunikasi dengan dengan Putin, terkhusus membahas persoalan Laut Hitam.

“Baru saja berbicara dengan Presiden Putin membahas inisiatif Laut Hitam. (Kami) menyambut keputusan Rusia untuk bergabung kembali dengan inisiatif tersebut,” tulis Jokowi dalam unggahannya.

Dalam kesempatan berbeda, Putin bahkan sebelumnya sempat menegaskan bahwa dirinya mempunyai hubungan dengan Jokowi. Hubungan itu bahkan sudah selayaknya seperti saudara.

Pernyataan tersebut disampaikan Putin saat menjawab pertanyaan Connie Rahakundini dalam acara Valdai Discussion Group di Moskow beberapa waktu lalu.

“Presiden Widodo ketika dia memanggil saya, dia memanggil saya saudara, dan saya mengatakan hal yang sama kepadanya. Kami menghargai hubungan yang telah kami bangun dengan Indonesia,” ujar Putin.