Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

4 Manfaat Bunga Lawang, Bisa Redakan Flu

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bunga lawang sebagai salah satu rempah yang umum di Indonesia, telah dikenal luas oleh masyarakat. Tak hanya beraroma harum dan dapat menyedapkan berbagai masakan. Ternyata, rempah satu ini juga memiliki khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Bunga lawang merupakan rempah asli dataran China dan Vietnam. Rempah asia satu ini, mudah tumbuh di negara-negara beriklim tropis termasuk Indonesia.

Bunga lawang juga dikenal dengan nama kembang lawang atau pekak. Dalam Bahasa Tionghoa, bunga lawang disebut bat gok dan ba jiao dimana kedua istilah ini berarti ‘delapan tanduk’ yang merujuk pada bentuk seperti kelopak atau umumnya berbentuk menyerupai bintang laut.

Teh Bunga Lawang
Teh Bunga Lawang, Salah Satu Olahan dari Rempah Bunga Lawang. [Gambar: Istimewa]
Dikutip Holopis.com dari situs HaloDokter, Jumat (4/11), berikut manfaat bunga lawang untuk kesehatan

Mampu Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat bunga lawang yang pertama yaitu mampu meredakan flu dan bantuk, hal tersebut dikarenakan kandungan asam shikimat dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Berdasarkan berbagai penelitian ilmiah, kombinasi asam shikimat dan antioksidan quercetin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dalam hal ini bunga lawang, mampu membantu tubuh memerangi penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus, seperti flu.

Sebagai Antioksidan untuk Tubuh

Bunga lawang memiliki kandungan minyak esensial linalool dan vitamin C yang bekerja sebagai antioksidan alami bagi tubuh. Antioksidan membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, termasuk asap rokok dan polusi udara.

Sebagai Antibakteri Dalam Tubuh

Berdasarkan penelitian dari para ahli di Taiwan, menyatakan bahwa bunga lawang memiliki empat turunan antimikroba yang bersifat antibakteri.

Mampu Menyehatkan Pencernaan

Bunga lawang kaya akan serat dan diyakini mampu untuk menjaga kesehatan pencernaan manusia. Misalnya seperti mengatasi perut kembung, sembelit, dan kram. Hal ini dikarenakan, kandungan serat pada bunga lawang membantu melunakkan feses di usus, sehingga menurunkan risiko terjadinya sembelit.

Itulah 4 manfaat bunga lawang bagi kesehatan tubuh. Bunga lawang selain menjadi rempah di berbagai makanan, bunga yang satu ini bisa juga dikonsumsi sebagai campuran olahan teh. Jika bosan dengan olah masakan, Sobat Holopis bisa coba juga mencampurkan teh/berbagai minuman tradisional dengan bunga lawang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru