HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bukan hal baru lagi ketika lokasi-lokasi syuting film terkenal menjadi tempat wisata banyak masyarakat.

Seperti lokasi syuting Harry Potter, pantai yang menjadi kuburan karakter Dobby didatangi banyak penggemar dan meninggalkan banyak panggaran di pantai tersebut.

Namun, organisasi National Trust for Places of Historic Interest mengatakan souvenir yang ditinggalkan penggemar di pantai tersebut telah merusak lingkungan.

“Peringatan untuk Dobby akan tetap berada di Freshwater West, namun The Trust meminta pengunjung untuk hanya mengambil foto saat mengunjungi tugu peringatan,” kata National Trust, dikutip Holopis.com dari Entertainment Weekly, Kamis (3/11).

Adegan di Harry Potter
Adegan di Harry Potter. [Foto: Warner Bros]
National Trust mengatakan, para penggemar sering meninggalkan pernak-pernik hingga kerikil yang bisa memasuki lingkungan laut.

“(Jangan membawa) barang-barang seperti kaus kaki, pernak-pernik dan serpihan cat dari kerikil yang dicat dapat memasuki lingkungan laut dan rantai makanan serta membahayakan satwa liar,” pungkas mereka.