Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Menkes Pastikan Tak Ada Lagi Kasus Kematian Akibat Gagal Ginjal Akut

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa kasus gagal ginjal akut di Indonesia kini telah menurun drastis.

Bahkan, kata Menkes, persentase angka kematian harian akibat kasus tersebut yang sebelumnya sempat tembus di atas 50 persen itu, kini telah menurun drastis hingga nol persen.

“Gagal ginjal sekarang sudah menurun drastis ya, terjadi penurunan drastis dari yang semula kasus kematian 5 sampai 8 orang sekarang sudah nol atau satu,” kata Menkes Budi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (2/11).

Budi menjelaskan, bahwa hal tersebut berkat upaya pihaknya dan juga pihak-pihak terkait yang berhasil mengatasi gejala ginjal akut pada anak-anak, salah satunya dengan menarik peredaran obat sirop yang mengandung cemaran zat etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG).

Selain itu, pihaknya di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga telah mendatangkan obat-obatan untuk gagal ginjal akut dan telah mendistribusikannya ke daerah-daerah.

Berbagai respon cepat itulah yang kemudian membuat angka kematian akibat gagal ginjal akut dapat ditekan hingga mencapai nol persen.

Sementara itu, saat ditanya perihal penyelidikan dugaan pidana dalam kasus gagal ginjal akut yang saat ini masih berjalan di Bareskrim Polri, Menkes Budi enggan berkomentar.

Ia menegaskan, bahwa pihaknya tak akan ikut campur dengan kasus dugaan pidana dalam kasus tersebut. Ia menyatakan, bahwa pihaknya hanya fokus pada penyembuhan saja.

“Itu kewenangan BPOM ya, kita hanya merawat,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru