HOLOPIS.COM, JAKARTA – Jembatan gantung di atas sungai Machchu, Gujarat, India ambruk dan tewaskan 133 orang pada Minggu (30/10).

Diketahui, salah satu penyebab tersebut karena jumlah pengunjung yang membeli tiket melebihi batas kapasitas, sehingga jembatan pun tidak kuat menampung.

“Terlalu banyak tiket terjual sehingga terjadi overcrowding. Hal ini dapat menjadi salah satu alasan di balik ambruknya jembatan,” kata seorang jurnalis Internasional yang dikutip Holopis.com dari situs cbc, Rabu (2/11).

Sebelumnya, jembatan gantung tersebut sempat ditutup karena alasan perbaikan sejak 7 bulan lalu dan kembali dibuka pada Rabu lalu (26/10), 4 hari sebelum tragedi.

9 orang telah ditangkap yang berwenang dan diminta untuk melakukan perbaikan serta pemulihan dari jembatan peninggalan abad ke-19 era kolonial tersebut. Kesembilan orang tersebut yakni manajer yang bekerja di tempat terkait, para karyawan yang bekerja di perbaikan jembatan, dan juga kolektor tiket yang diduga menjual tiket secara berlebihan.

Sebagai informasi, hal serupa terjadi pada tragedi Festival musik Berdendang Bergoyang (BB Fest) yang diselenggarakan pada Jumat (28/10) dan Sabtu (29/10). Jumlah tiket festival yang dijual secara berlebihan menyebabkan over capacity sehingga puluhan penonton berdesakan sampai pingsan.