Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Sebut Resesi Bikin Indonesia Susah Cari Utang

Sri Mulyani Sebut Resesi Bikin Indonesia Susah Cari Utang

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Suka atau tidak, resesi global tentu akan berdampak pada negara berkembang seperti Indonesia, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya dalam hal pembiayaan atau yang biasa disebut dengan istilah utang.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ketatnya likuiditas global dan meningkatnya ketidakpastian ekonomi akibat kondisi geopolitik akan mempersulit penerbitan utang negara berkembang, termasuk Indonesia.

“Resesi dunia semuanya akan mempengaruhi untuk dapat pembiayaan kompetitif, aman dan sustainable,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (1/11).

Sebelumnya, Sri Mulyani telah menegaskan bahwa pihaknya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan melakukan langkah antisipatif dalam hal pengadaan utang.

Langkah tersebut diambil lantaran kondisi pasar keuangan global yang volatile. Hal itu dapat dilihat dari suku bunga meningkat serta nilai tukar melemah akibat penguatan nilai dolar AS.

Berbagai hal itu lah yang membuat pemerintah memutuskan untuk mengerem penerbitan surat utang. Sehingga, penerbitan surat utang sampai dengan 30 September 2022 menurun hingga 29,4 persen dari September 2021 yang mencapai Rp647,5 triliun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.