HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tunggal Putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo (Ester) gagal lanjut ke babak final Kejuaraan Dunia Junior 2022, usai takluk dari wakil asal China Yuan An Qi, pada pertandingan di babak semifinal yang berlangsung hari ini, Sabtu (29/10), di Palacio de Deportes de Santander, Santander, Spanyol.

Pemain unggulan ke-3 itu harus mengubur mimpinya untuk bertanding di laga puncak, setelah mengalami kekalahan dramatis melalui drama rubber game 21-17, 15-21 dan 11-21. Pada set pertama, Ester mampu mengontrol pertandingan dengan menerapkan pola penyerang sejak awal. Pukulan overhead andalan pemain 17 tahun itu, berhasil merepotkan lawan dan mendulang poin. Set pertama mampu dimenangkan oleh Ester.

Namun, di set ke 2 wakil China itu, merubah pola permainan dengan menerapkan strategi rally panjang. Perubahan strategi tersebut, membuat Ester kewalahan dan sering melakukan kesalahan sendiri. Atas perubahan pola tersebut, Yuan An Qi mengunci kemenangan di set kedua.

Di set ketiga, pertandingan berjalan ketat kedua pemain berusaha menampilkan pola dan strategi terbaik untuk mengamankan kemenangan di set terakhir. Setelah interval di set ketiga, Ester memiliki momentum yang bagus, ia hanya tertinggal 11-12.

Ester Nurumi Tri Wardoyo
Ester Nurumi Tri Wardoyo, Tunggal Putri Indonesia. [Foto: Twitter/@INABadminton]
Setelah itu, terlihat kondisi fisik Ester mulai menurun drastis, yang membuat ia kehilangan fokus, footwork-nya mulai berat dan cenderung sering membuat unforced error.

Atas hasil pertandingan tersebut, Ester menyumbang medali perunggu Kejuaraan Dunia Junior 2022 untuk Indonesia.

Tersisah dua wakil Indonesia yang masih akan bertanding di babak semifinal Kejuaraan Dunia Junior 2022, yakni pasangan ganda Putra Indonesia Muh Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo, dan ganda putri Meilysa T.P Sari/Rachel Allessya Rose.