HOLOPIS.COM, JAKARTA – The Royal Mint (Pabrik logam mulia nasional Britania Raya) telah menampilkan koin 50p terbaru yang akan beredar di bulan Desember yang akan datang. Uang koin tersebut menjadi koin pertama dengan wajah Raja Charles III yang secara perlahan akan menggantikan koin dengan wajah mendiang Ratu Elizabeth II.

Informasi tersebut diumumkan langsung oleh Royal Mint Inggris di akun resmi Twitter mereka pada Jum’at, (28/10).

The first coins bearing His Majesty King Charles III’s portrait are striking as we speak, and you can expect to see 50ps featuring the Queen Elizabeth II Memorial design on the reverse side of the coins in your change before Christmas,” tulis akun Twitter @RoyalMintUK yang dikutip Holopis.com pada Sabtu, (29/10).

Direktur Kolektor dan Layanan Kerajaan, Rebecca Morgan dalam unggahan mengatakan, bahwa hal ini menjadi peristiwa penting yang terjadi pertama kali setelah beberapa dekade masa kerajaan Ratu Elizabeth II.

“Hari ini adalah peristiwa penting karena perubahan monarki untuk pertama kalinya dalam 70 tahun. Hari ini, kami sedang menyolok koin pertama Raja Charles III,” ujarnya.

Menariknya, tampilan wajah Raja Charles akan menghadap ke sebelah kiri, sedangkan wajah Ratu Elizabeth menghadap ke kanan.

Hal ini dikarenakan, semua tampilan wajah pemegang takhta pada koin memang ditetapkan untuk menghadap ke arah yang berlawanan dari pendahulu.