HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua MPR, Bambang Soesatyo sarankan pemerintah bisa lakukan kerja sama dengan para pengemudi ojek online (Ojol) untuk mendukung langkah pemerintah untuk bisa memenuhi target jumlah sepeda motor listrik di Indonesia pada tahun 2025 bisa menembus 2 juta unit, dan pada tahun 2030 mencapai 13 juta unit.

Pria yang juga menjabat sebagai ketua IMI (Ikatan Motor Indonesia) ini, mengatakan untuk mencapai target yang telah ditentukan sangat mudah. Apalagi dilihat dari jumlah Ojol saja sudah mencapai sekitar 4 juta pengemudi.

Bamsoet melihat target 2 juta hingga 13 juta unit sepeda motor listrik sangat mudah direalisasikan. Mengingat pangsa pasarnya sangat luas, dari jumlah Ojol saja sudah mencapai sekitar 4 juta pengemudi.

“BS Elektrik pernah menghitung, jika bekerja sama dengan Ojol, mereka bisa memberikan cicilan Rp 5 ribu per hari, sehingga tidak memberatkan Ojol. Dengan bermigrasi ke sepeda motor listrik, kehidupan Ojol juga bisa terbantu, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk service kendaraan, sehingga bisa dialihkan untuk memenuhi pendidikan, kesehatan, ataupun kebutuhan hidup lainnya,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Holopis.com, Sabtu (29/10).

Fokus pemerintah mempercepat migrasi sepeda motor listrik sangat tepat. Mengingat dari sekitar 149,7 juta unit kendaraan yang ada di Indonesia, sebanyak 119-133 juta unit diantaranya merupakan sepeda motor. Diperkirakan setiap tahunnya, 1 unit sepeda motor menghabiskan sekitar Rp 3,7 juta hingga Rp 5 juta subsidi BBM.