HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kostrad (Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat) diberikan motor listrik Bike Smart Elektrik (BS Elektrik), yang langsung diserahkan oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Penyerahan motor ini, jadi langkah nyata yang diharapkan bisa mengerakan masyarakat untuk mulai bermigrasi dari kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke bermotor listrik.

Menurut pria yang akrab disapa Bamsoet ini, pasukan militer di beberapa negara sudah memakai kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional mereka. Ia mencontohkan, Angkatan Darat Australia, yang sudah menguji coba sepeda listrik Sur Ron Firefly yang mampu menerobos jalur yang sempit dengan nyaman.

“Kendaraan listrik memiliki keunggulan untuk dipakai sebagai kendaraan operasional militer. Antara lain karena suara mesin yang senyap, bisa digunakan dalam segala cuaca dan medan, ringan dan mudah bermanuver, serta tidak menghasilkan panas berlebih,” ujar Bamsoet dalam keterangan resminya yang diterima Holopis.com, Sabtu (29/10).

Dalam kesempatan itu, Bamsoet mengungkapkan BS Elektrik diprosuksi di Surabaya, Jawa Timur. Dengan harga, dibawah Rp 10 juta. Dengan kendaraan listrik ini, bisa mengurangi polusi udara.

“Walaupun bermotor listrik, kecepatannya tidak kalah dengan motor konvensional, bisa mencapai 45-60 Km/jam. Kebutuhan chargingnya tidak terlalu memakan waktu, cukup 6-8 jam baterai sudah terisi penuh. Jadi bisa diisi malam hari, pagi harinya bisa digunakan kembali untuk menunjang aktivitas masyarakat,” jelas Bamsoet.