Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Sebut Dunia Alami Inflasi Terburuk dalam 40 Tahun

Sri Mulyani Sebut Dunia Alami Inflasi Terburuk dalam 40 Tahun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyoroti banyaknya negara yang saat ini tengah dilanda inflasi tinggi akibat harga komoditas yang melonjak tajam.

Dia pun menyebut, kondisi yang dialami banyak negara tersebut merupakan yang terburuk dalam 40 tahun terakhir.

“Kenaikan komoditas ini mendorong inflasi tinggi di berbagai negara. Kenaikannya adalah the worst in 40 years,” ungkap Sri dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (25/10).

Bendahara negara itu lantas menjelaskan bahwa lonjakan harga komoditas itu dipicu oleh adanya pemulihan ekonomi yang membuat permintaan barang meningkat, sehingga harga barang turut mengalami peningkatan.

Dia mengatakan, kondisi tersebut semakin diperburuk dengan adanya perang antara Rusia dan Ukraina yang membuat pasokan bahan dan energi tersendat.

Menurut Sri Mulyani, inflasi yang saat ini terjadi merupakan inflasi terburuk yang dialami sejumlah negara. Kondisi ini dialami oleh negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS), Eropa, hingga Jepang.

“Ini adalah di satu sisi tadinya para policy maker di negara-negara maju itu mikir, oh ini inflasi sementara karena tadi demand-nya lari duluan, supply-nya telat di belakang,” jelasnya.

Namun pada kenyataannya, inflasi terus mengalami kenaikan. Kenaikan angka inflasi inilah yang menyebabkan sejumlah negara maju itu menaikkan suku bunga.

Biasanya, kata Sri Mulyani, bank sentral menaikkan suku bunga hanya 25 basis poin (bps) atau 0,25 persen. Namun sekarang, kenaikan suku bunga dilakukan hingga 50 sampai 75 bps.

“Kenaikan sebuah suku bunga policy seperti ini bukanlah sesuatu yang sepele. Di seluruh dunia, di negara maju ini akan menimbulkan dampak dan memang itu yang diinginkan,” tandas Sri Mulyani.

Adapun dampak yang dimaksud Sri Mulyani adalah dengan melemahkan permintaan barang, sehingga pasokan barang bisa bekerja terlebih dahulu, agar inflasinya bisa turun.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.