HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI, mengklaim telah mengantongi video kunci yang bisa mengungkap penyebab tragedi kemanusiaan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, pada Sabtu (1/10) lalu.

“Video kunci yang kami dapatkan semakin memiliki titik terang,” kata Komisioner Komnas HAM, Mohammad Choirul Anam kepada Holopis.com di Jakarta, Senin (24/10).

Anam mengatakan, pihaknya telah membandingkan video yang diperoleh dari hasil pemantauan dan penyelidikan tersebut dengan rekaman CCTV yang juga didapat di pintu yang sama.

Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, lanjut Anam, pihaknya meyakini bahwa biang kerok dari tragedi Kanjuruhan adalah gas air mata yang ditembakkan oleh aparat kepolisian.

“Kami semakin menyakini bahwa persoalan utamanya dalam tragedi Kanjuruhan adalah gas air mata,” ucap dia.

Anam mengatakan, pihaknya semakin yakin dengan sejumlah bukti yang diperoleh, usai menyandingkan video kunci dengan rekaman CCTV, khususnya yang ada di pintu 13 stadion Kanjuruhan.

“Dengan CCTV pintu 13 itu semakin menambah tebal keyakinan kami bahwa persoalan utamanya gas air mata yang membuat banyaknya korban jiwa,” jelasnya.