HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini pada tanggal 24 Oktober, diperingati sebagai hari jadi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sebuah organisasi yang bertujuan untuk menjaga perdamaian serta keamanan dunia.

Berkantor pusat di New York, AS, PBB juga memiliki kantor regional di Jenewa, Wina, dan Nairobi.

PBB pertama kali dibentuk pada tahun 1945. Saat itu, dunia sedang mengalami kehancuran setelah Perang Dunia II, dan menginginkan keamanan serta perdamaian.

Dibentuk Setelah Perang Dunia II

Dikutip Holopis.com dari laman resmi PBB, organisasi tersebut pertama kali dimulai di tahun 1945 saat Perang Dunia II berakhir.

Perwakilan dari 50 negara pun bertemu di Konferensi PBB membahas Organisasi Internasional di San Francisco, California dari 25 April hingga 26 Juni 1945.

Setelah konferensi tersebut berakhir, PBB pun resmi dimulai pada tanggal 24 Oktober 1945. Tak hanya menjaga perdamaian dan keamanan, PBB juga diharapkan dapat menjaga hubungan baik antar negara, dengan memegang teguh prinsip persamaan hak.

Kerjasama antar negara juga diharapkan dalam memecahkan masalah ekonomi, sosial, budaya, dan kemanusiaan.

Saat ini, PBB dipimpin oleh pejabat tertinggi yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB António Guterres.

Tugas PBB yang Terus Berkembang

Perserikatan Bangsa-Bangsa pun terus mengembangkan tugas dan perang mereka dalam menjaga keberlangsungan kehidupan sejahtera dunia.

Terlihat pada tahun 1991 di tengah iklim geopolitik yang memanas, tantangan baru pada bidang resolusi konflik pun dihadapi oleh PBB.

PBB pun masih terus berjuang dalam mengatasi krisis kemanusiaan di dunia seperti pengungsi, penyebaran penyakit, keuangan global, terorisme, dan kesenjangan sosial.