HOLOPIS.COM, JAKARTA – Haid atau menstruasi adalah kondisi yang bisa membuat para wanita merasa tidak nyaman. Rasa perih dan kram di perut, payudara, hingga mengalami migrain akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, mood-mu juga bisa terganggu dan tak terkontrol.

Dikutip Holopis.com dari situs Halodoc, Minggu (23/10), hal tersebut terjadi karena dinding rahim yang berkontraksi akan menekan pembuluh darah di sekitarnya.

Sobat Holopis, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari ketika haid. Dengan mengonsumsi hal-hal di bawah ini, bisa membuat nyeri haid semakin parah.

1. Makanan Berkadar Garam Tinggi
Sebaiknya, kurangilah makanan yang asin dan gurih. Kandungan kadar garam yang tinggi bisa membuat retensi atau penumpukan air sehingga perutmu mengembung.

2. Makanan Kaleng dan Olahan
Makanan kaleng dan olahan mengandung kadar sodium yang cukup tinggi, di mana hal tersebut dapat membuat perutmu kembung ketika haid. Jadi, konsumsilah makanan yang alami saja.

3. Makanan Berkandung Gula

Hindari makan cokelat atau es krim. Kalau kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang banyak. Kadar gula darahmu akan tidak stabil dan justru berpengaruh pada mood swing.

4. Makanan Tidak Sehat

Makanan dengan minyak berlebihan, berlemak dan kurang serat mesti kamu hindari. Hal tersebut akan membuat perutmu mengembung dan menyebabkan rasa tidak nyaman semakin parah.

5. Makanan/minuman Berkafein Tinggi

Hindarilah kopi dan soda saat haid atau makanan dan minuman lainnya yang mengandung kafein. Karena, kandungan kafein yang tinggi bisa membuat masalah pada lambungmu.

6. Makanan Pedas

Sobat Holopis, tentu sebagai orang Indonesia makanan pedas adalah hal wajib. Tapi tidak untuk kali ini, makanan pedas berpotensi untuk membuat perutmu sakit hingga diare.

7. Daging Merah

Daging merah mengandung zat besi yang juga sekaligus prostaglandin. Sedangkan saat haid, tubuhmu akan memproduksi hormon prostaglandin yang dapat membuat rahimmu berkontraksi dan mengeluarkan darah haid. Kadar prostaglandin yang tinggi akan beri efek kram pada perut.

8. Olahan Susu

Dalam produk susu mengandung asam arakidonat yang dapat memicu terjadinya kram. Maka, hindarilah makanan dan minuman dengan olahan susu seperti keju dan sebagainya.

9. Tablet Pereda Nyeri

Hindarilah tablet pereda nyeri walau kamu sedang mengalami nyeri haid luar biasa. Mengonsumsi tablet seperti asprim bisa meningkatkan perdarahan.