HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan puluhan ribu personel untuk pengamanan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November di Bali.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan, setidaknya 18.030 personel disiapkan khusus untuk mengamankan para kepala negara dan setingkatnya.

“Secara umum, kita siapkan personel yang bertugas sebagai pengaman-pengaman VVIP,” kata Andika, kepada Holopis.com, Jumat (21/10).

Pembagian personel tersebut terdiri dari 3.200 anggota Polri, 492 personel dari institusi lain dan 14.300 personel TNI.

Andika menjelaskan, proses pengamanan tersebut akan dibagi dalam beberapa satgas. Khusus untuk satgas Pengamanan VVIP, Andika menjelaskan bahwa mereka bertugas menempel ke Kepala Negara.

“Kami siapkan sampai dengan 42 Satgas. Ini untuk menjaga segala kemungkinan apabila semuanya hadir kami sudah siap,” tukasnya.

Andika pun menegaskan, pengamanan setingkat kepala negara tersebut tidak bisa dilakukan dengan koordinasi mendadak. Oleh karena itu, TNI juga berkoordinasi dengan pengamanan khusus setiap kepala negara mengenai proses pengamanan.

“Tiap-tiap negara ini mereka juga punya tim pengamanan sendiri. Ada yang melekat dengan kepala negaranyas eperti paspampres (pasukan pengamanan presiden, red). Itu semua kami akomodasi,” tukasnya.