HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pihak Aston Villa secara resmi memecat Steven Gerrard dari kursi kepelatihan. Hal tersebut sejatinya bukan suatu kejutan, karena klub dinilai telah memiliki dasar yang kuat dalam mengambil keputusan tersebut.

“Klub sepakbola Aston Villa dapat mengonfirmasi pelatih kepala, Steven Gerrard telah meningalkan klub dengan segera,” tulis pernyataan klub, sebagaimana dikutip Holopis.com dari situs resmi Aston Villa, Jumat (21/10).

Dalam hal ini, seorang Juru Bicara klub Aston Villa juga telah memastikan hal tersebut, dan turut mengutarakan rasa terima kasihnya atas jasa Steven Gerrard.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Steven Gerrard atas kerja keras dan komitmennya dan berharap yang terbaik untuknya di masadepan,” katanya.

Lantas, apa alasannya Aston Villa memecat Steven Gerrard? Sejatinya tak ada jawaban pasti, namun ada alasan-alasan tertentu yang dinilai menjadi acuan pihak klub mengambil langkah tersebut.

Yang pertama adalah faktor turunnya performa klub. Diketahui, Aston Villa tengah mengalami masa terburuknya di awal Liga Inggris musim ini.

Tanda-tanda itu pun sudah muncul di pertandingan perdana Liga Inggris musim ini, dimana Aston Villa harus tertunduk lesu dikalahkan Bournemouth dengan skor 2-0 tanpa balas.

Sempat bangkit di pekan ke-2 Liga Inggris, Aston Villa menang atas tim kuat Everton dengan skor 2-1. Namun tak bertahan lama, skuad asuhan Steven Gerrard harus kembali menelan kekalahan di pekan selanjutnya kontra Crystal Palace.

Hasil kekalahan melawan Crystal Palace itu lah, momen dimana skuad Aston Villa seakan kehilangan semangat juang dalam bermain.

Hasil buruk terus didapat Aston Villa setelahnya, dimana dalam delapan pertandingan berikutnya, The Villans hanya bisa meraih satu kali kemenangan melawan Southampton di pekan ke-8 Liga Inggris.

Desas-desus Seteven Gerrard dipecat pun sejatinya sudah tercium, saat Aston Villa kalah atas Chelsea 2-0 tanpa balas di pekan ke-11.

Namun pihak klub nampaknya masih memberikan kesempatan untuk membuktikan kelayakannya sebagai pelatih. Hingga pada akhirnya titik kesabaran Aston Villa habis setelah kalah atas Fulham di pekan ke-12 Liga Inggris, Jumat (21/10) dengan skor 3-0 tanpa balas.

Rentetan buruk itu lah yang diyakini mendasari klub mengambil langkah tegas memecat Steven Gerrard.

Meski begitu, sampai saat ini masih sangat ditunggu apa alasan pasti dari pihak klub terkait pemecatan tersebut.