HOLOPIS.COM, JAKARTA – Solusi atasi kemacetan Jakarta sedang dalam pembahasan, antara Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengungkapkan salah satunya yakni pengurangan rambu putaran arus lalu lintas (U-Turn).

“Programnya mungkin mengurangi U-Turn,” kata Heru kepada Holopis.com di Mapolda Metro Jaya, Kamis (20/10).

Untuk menerapkan solusi tersebut, Heru mengatakan akan libatkan seluruh pihak yang berkaitan mulai dari Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta.

Dalam kesempatan itu Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan untuk saat ini pihaknya bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sedang mengkaji penerapan kebijakan itu.

Diharapkan, kajian yang dilakukan ini bisa kurangi titik kemacetan akibat kendaraan yang antre untuk berputar arah.

“Saat ini sedang kami lakukan kajian. Setelah kajian, kami akan laporkan terkait manajemen rekayasa lalu lintas secara keseluruhan,” kata Syafrin.

“Tujuannya adalah bagaimana titik kemacetan atau kepadatan lalu lintas yang disebabkan oleh putar balik itu bisa kami minimalisir,” sambungnya.

Sementara itu Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil mengatakan pihaknya akan bekerja sama untuk mengatasi kemacetan yang sering terjadi di DKI Jakarta. Dalam pertemuan dengan Pemprov DKI Jakarta, juga dibahas sejumlah hal, mulai dari persoalan perkotaan hingga kamtibmas di Ibu Kota.

“Membangun Jakarta bersama-sama, mengatasi kemacetan bersama-sama, saya kira itu garis besarnya,” kata Fadil.

“Banyak hal yang ingin kami kerjakan bersama-sama, mudah-mudahan kerja sama, guyub rukun, kompak dan kolaborasi akan terus kita jalin untuk membangun Jakarta yang kita cintai agar selalu dalam kondisi yang aman damai dan sejuk,” katanya.