HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengklaim bahwa, penyebab kebakaran di Jakarta Islamic Center sudah dapat dipastikan akibat proses renovasi yang sedang berlangsung.

Pejabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, ada kelalaian yang dilakukan para pekerja hingga kemudian membakar kubah masjid.

“Dari hasil pertemuan dengan Kapolres, intinya itu adalah kelalaian kerja,” kata Heru kepada Holopis.com di Polda Metro Jaya, Kamis (20/10).

Dengan adanya kelalaian kerja, Heru pun kemudian memerintahkan agar anak buahnya di Dinas Citata bisa segera memperbaiki kelalaian pekerja sebelumnya.

“Kami minta Dinas Citata segera perbaiki sistem pembangunan terkait dengan proses itu,” tukasnya.

Sementara itu, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, mendapat informasi ada renovasi pada bagian kubah sebelum terjadi kebakaran.

“Menurut informasi yang didapat, saat pekerja bangunan yang sedang melakukan renovasi ingin memasang triplek atap kubah masjid tersebut para pekerja melelehkan membran (aspal gulung),” kata Gulkarmat DKI lewat akun Instagram @humasjakfire.

“Untuk menempelkan bahan atap tersebut menggunakan alat bakar. Diduga percikan dari alat bakar mengenai bahan mudah terbakar sampai timbulnya api,” sambungnya.