HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh manusia, yang berasal dari beberapa makanan yang dikonsumsi, salah satunya makanan hewani. Ternyata, kolesterol dapat membantu tubuh, loh Sobat Holopis, yakni bisa memproduksi vitamin D, sebagian besar hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Tapi tentunya dalam kadar yang sesuai, yang dibutuhkan oleh tubuh guna membantu membangun sel-sel baru supaya tubuh dapat tetap berfungsi secara normal. Namun, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka hal tersebut berimplikasi bagi tubuh, kolesterol yang tinggi akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi kesehatan.

Istilah medis jika kadar kolesterol dalam darah melampau kadar normal disebut sebagai hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi. Kondisi kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit, diantaranya tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit arteri perifer.

Ilustrasi Kondisi Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh
Ilustrasi Kondisi Kolesterol Tinggi Dalam Tubuh. [Gambar: Istimewa]
Jika kolesterol tinggi tidak diantisipasi akan berakibat pembuluh darah Sobat Holopis menyempit dan mengeras, kondisi inilah yang akan membuat Sobat Holopis rentan mengalami berbagai penyakit. Oleh karena itu, langkah untuk mengurangi risiko penyakit di atas, dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi buah-buahan, biji-bijian utuh, dan sayur-sayuran.

Berikut buah-buah yang mampu turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh

Buah Pisang

Buah pertama yang mampu turunkan kadar kolesterol ‘jahat’ adalah buah pisang. Hal ini dikarenakan, pisang mengandung zat inulin (serat pangan) yang membantu mengurangi kolesterol. Dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin, dapat menurunkan dan mengendalikan kolesterol dalam darah.

Buah Alpukat

Bagi Sobat Holopis, yang kadar kolesterolnya sedang tinggi bisa rutin mengkonsumsi alpukat sebagai sumber lemak tak jenuh. Dengan rutin mengkonsumsi alpukat, maka dapat menurunkan kolesterol jahat sehingga baik untuk pencegahan penyakit jantung. Selain itu, penelitian dari Nutrition Journal menemukan bahwa, buah alpukat mampu memberikan rasa kenyang yang bertahan 3-5 jam setelah dikonsumsi.

Buah Apel

Buah selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol adalah buah apel. Buah Apel mengandung pektin terutama pada kulitnya, ternyata pektin yang terdapat pada apel bisa menyerap kolesterol jahat di dalam usus halus. Selain itu, serat dari buah apel, membantu memberikan rasa kenyang lebih lama, ditambah lagi apel kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan polifenol yang baik mengurangi peradangan.

Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan sumber serat, antioksidan serta vitamin C. Makan buah pepaya berarti mencegah terjadi kolesterol tinggi dalam tubuh. Antioksidan dalam pepaya bekerja dengan enzim paraoxonase yang akan menghambat terjadinya pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah.

Buah Jambu Biji

Buah jambu biji juga menjadi salah satu buah untuk menghilangkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Kandungan kalium dan serat larut air dalam buah jambu biji membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ditambah, zat gizi pada jambu biji juga dapat menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah risiko penyakit jantung.

Buah Jeruk

Satu lagi buah yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah buah jeruk. Ternyata buah jeruk mampu menurunkan kolesterol. Jeruk kaya akan vitamin C, antioksidan, serat larut air sehingga bisa mengikat kolesterol yang terserap di usus halus. Buah sitrus ini mengandung d-limonene, senyawa kimia yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol.

Nah itulah 6 buah yang mampu turunkan kolesterol jahat yang bisa Sobat Holopis konsumsi dengan mudah, karena untuk mendapatkan buah tersebut tidak sulit.