HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia berhasil kalahkan Malaysia pada laga penutup grup A Kejuaraan Dunia Junior 2022, Rabu (19/20), di Palacios de Deportes de Santander, Santander, Spanyol. Ester Nurumi Tri Wardoyo dan seluruh pemain yang diturunkan berhasil menang dengan skor akhir 4-1.

Di laga awal, andalan tunggal putra Indonesia Alwi Farhan harus takluk atas Justin Hoh asal Malaysia, dua gim langsung 18-21 dan 18-21. Kekalahan pada laga pembuka, membuat Indonesia tertinggal 0-1 dari Malaysia.

Laga kedua, tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo, bangkit dari ketertinggalan 0-1 atas Malaysia. Ia berhasil menang rubber game 21-18, 22-24 dan 21-14 melalui perlawanan ketat dari Siti Nurshuhaini. Atas kemenangan tersebut, Indonesia berhasil menyamakan skor 1-1.

Keberhasilan Ester, disusul juga oleh ganda putra Indonesia yang tampil prima. Pasangan Muh Putra Erwiansyah dan Muh Reyhan Nur Fadillah berhasil sudahi perlawanan Choi Jian Sheng dan Bryan Jeremy Gooting dua gim langsung 21-8, 21-10. Kemenangan itu, membuat Indonesia berbalik unggul 2-1.

Pada pertandingan ke 4, ganda putri Indonesia Meilysa Trias Puspita Sari dan Rachel Allessya Rose mampu taklukan pasangan Ogn Xin Yee dan Carmen Ting, straight game 21-15, 21-10. Dengan kemenangan ganda putri, Indonesia dipastikan juara grup A, sementara unggul 3-1.

Pada laga terakhir, pasangan ganda campuran Indonesia Rafli Ramanda dan Az-Azahra Putri Dania berhasil kalahkan pasangan Wong Vin Sean/Lai Ting Cen, dua gim langsung 21-15, 21-13. Ganda campuran Indonesia sumbang poin kemenangan untuk Indonesia, skor akhir 4-1.

Kemenangan pada laga terakhir penyisihan grup A, memastikan bahwa pasukan garuda muda kokoh puncaki grup A, dan dipastikan juara grup A dan mengantongi satu tiket ke perempat final.

Di perempat final, Indonesia telah ditunggu oleh Tim Tiongkok, pertandingan perempat final dilaksanakan hari ini, Kamis (20/10).