HOLOPIS.COM, BANYUWANGI – Bencana banjir melanda dua kelurahan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 50 sentimeter.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, banjir yang terjadi sejak Senin (17/10) tersebut terjadi pasca hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

“Banjir terjadi akibat aliran sungai terhambat material barang seperti kotoran dan juga batang pohon,” kata Abdul dalam keterangan resmi yang diterima Holopis.com, Selasa (18/10).

“Sehingga air meluap hingga rumah warga di Kelurahan Sobo dan Kelurahan Pakis yang berada di wilayah Kecamatan Banyuwangi,” sambungnya.

Abdul menjelaskan, banjir mengakibatkan setidaknya sebanyak 1.445 Kepala Keluarga dan 1.445 unit rumah terdampak banjir dengan ketinggian muka air 20 – 50 sentimeter.

“Selain itu terdapat satu unit masjid ikut terendam. Namun, belum ada laporan terkait adanya korban maupun warga yang mengungsi,” ungkapnya.

Abdul menambahkan, kondisi terkini di lokasi banjir mulai surut di beberapa titik. Namun, petugas gabungan berupaya melakukan evakuasi terhadap warga terdampak.