Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizSoal Kenaikan Upah, Said Iqbal: Jangan Hanya Bela Kepentingan Pengusaha Kelas Hitam

Soal Kenaikan Upah, Said Iqbal: Jangan Hanya Bela Kepentingan Pengusaha Kelas Hitam

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tokoh pergerakan kaum buruh, Said Iqbal meminta pemerintah untuk lebih memerhatikan para buruh dalam persoalan kenaikan upah minimum. Dalam hal ini, Ia juga meminta pemerintah untuk tidak hanya melindungi kepentingan para pengusaha ‘kelas hitam’.

“Jangan hanya membela kepentingan pengusaha kelas hitam yang selalu mau upah murah, memecat karyawan perempuan ketika hamil. Yang begini dilindungi Menteri dalam bentuk kebijakan,” ujarnya, dikutip Holopis.com dari siaran Konferensi Pers akun YouTube Bicaralah Buruh, Selasa (18/10).

Ia mengatakan, bahwa partai buruh dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menolak penggunaan PP nomor 36 tahun 2021 tentang untuk kenaikan upah minimum.

Menurut Said, kemungkinan kenaikan upah dengan kebijakan tersebut hanyalah berkisar 1-2 persen. Melihat dari naiknya harga bbm, ada 3 sektor yang menjadi dampak bagi buruh. Yaitu Sektor pangan, transportasi, dan rumah.

“Partai buruh dan KSPI menolak bilamana kenaikan upah minimum menggunakan pp nomor 36 tahun 2021 yang naik hanya berkisah 1-2 persen. Karena 3 komponen (sektor) itu rata-rata berkisar 15 persen,” jelasnya.

Dengan itu, partai buruh dan KSPI mendesar pemerintah untuk menetapkan kenaikan upah minimum tahun 2023 sebesar 13 persen. Said menjelaskan, bahwa angka tersebut berasal dari inflasi umum pasca kenaikan upah minimum.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tak Lagi Berkilau, Harga Emas Antam Hari ini Turun Rp 12.000 Per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Lagi-lagi Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau masih belum mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini ini, Selasai 24 September 2024.

Hari Ini, IHSG Berpotensi Rebound Lagi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih mencoba untuk rebound lagi ke level yang lebih tinggi pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.

Pemilu 2024 Sedot Anggaran Rp 30,5 Triliun

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat realisasi anggaran untuk belanja Pemilu 2024 per Agustus 2024 telah mencapai Rp 30,5 triliun.