HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Rusia, Vladimir Putin menegaskan bahwa langkah mobilisasi parsial untuk berperang di Ukraina, harus selesai dalam waktu dua minggu dari sekarang.

“222 ribu dari 300 ribu tentara cadangan yang diharapkan telah dimobilisasi, dimana pekerjaan ini akan segera berakhir,” kata Putin, sebagaimana dikutip Holopis.com dari Reuters, Sabtu (15/10).

“Saya kira dalam waktu dua minggu dari sekarang, semua kegiatan mobilisasi parsial akan selesai dengan segera,” tambahnya.

Diketahui, mobilisasi parsial dikeluarkan Vladimir Putin beberapa waktu lalu, dimana langkah tersebut diadakan diduga sebagai tanggapan kekalahan Rusia di beberapa wilayah di medan perang.

Langkah mobilisasi parsial ini pun mendapat kecaman banyak pimpinan negara dunia, terutama dari negara Barat, hingga kompak memberikan sanksi baru kepada Rusia.

Selain kecaman, langkah mobilisasi parsial juga diprotes warga Rusia sendiri, hingga terjadi demonstrasi masal di sebagian besar negara bagian Rusia.

Kemudian kecaman negara Barat lebih intens memojokan Rusia pasca pencaplokan empat wilayah Ukraina, dengan peresmian secara kenegaraan di Kremlin.

Atas dasar dan perkembangan yang ada setelah itu, pada akhirnya Vladimir Putin langsung mempercepat langkah mobilisasi parsialnya, demi mengamankan ambisinya di medan perang.