HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pencipta Yu-Gi-Oh, Kazuki Takahashi yang meninggal karena tenggelam bulan Juli lalu ternyata mencoba membantu seorang perwira Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) dalam menyelamatkan tiga orang yang terjebak dalam riptide di Mermaid’s Grotto di Onna, Okinawa.

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari Surat kabar militer AS Stars and Stripes, pada Jumat (14/10), Mayor Angkatan Darat AS Robert Bourgeau, seorang instruktur menyelam saat itu sedang berusaha menyelamatkan seorang gadis berusia 11 tahun, ibunya, dan seorang tentara AS yang terjebak dalam arus yang terputus sekitar 100 meter dari pantai, pada 4 Juli 2022.

Bourgau saat itu tidak menyadari bahwa Takahashi mencoba untuk membantunya dalam penyelamatan.

Bourgeau mengatakan Takahashi masuk ke dalam air selama penyelamatan, tetapi dia tidak melihat Takahashi. Siswa menyelam Bourgeau, yang dia temui hari itu lah yang melihat sekilas Takahashi sampai dia menghilang terbawa ombak.

Seperti yang diberitakan sebelumnya oleh Holopis.com, penjaga pantai Jepang menemukan tubuh Takahashi yang dilengkapi dengan peralatan snorkeling dua hari kemudian pada 6 Juli, sekitar 300 meter (sekitar 1.000 kaki) lepas pantai di Awa, kota Nago di Okinawa.

Juru bicara Penjaga Pantai Jepang menolak untuk mengonfirmasi bahwa Takahashi memang berpartisipasi dalam upaya penyelamatan, tetapi beberapa pernyataan saksi yang bersumpah kepada Angkatan Darat AS melihat dan merinci tindakannya hari itu.

Otopsi Takahashi juga menyimpulkan bahwa dia meninggal karena tenggelam, dan tidak ada tanda-tanda penganiayaan.

Sementara, atas upaya penyelamatannya, Bourgeau diberikan nominasi Medali Prajurit oleh Angkatan Darat AS karena telah menyelamatkan tiga orang.

Namun, Bourgeau mengatakan Takahashi juga adalah seorang pahlawan.

“Dia seorang pahlawan. Dia meninggal saat mencoba menyelamatkan orang lain,” kata Bourgeau.

Yu-Gi-Oh Takahashi! manga sendiri ditayangkan di Weekly Shonen Jump mulai dari tahun 1996 hingga 2004.

Manga ini meluncurkan karya-karya yang banyak diminati di dunia internasional yang berlanjut hingga hari ini dengan permainan kartu, anime, mainan, dan seri manga yang lebih baru.