HOLOPIS.COM, JAKARTA – Redmi A1 yang akan diluncurkan bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, menggunakan Sistem Operasi (OS) Android Go.

Android Go merupakan OS yang sengaja dibuat lebih ringan, dengan mengurangi fitur-fitur yang ada. OS tersebut sengaja dibuat dengan spesifikasi rendah.

“Kehadiran smartphone berbasis Android Go tersebut menjadi salah satu perwujudan komitmen Xiaomi Indonesia untuk menghadirkan inovasi bagi semua orang,” kata Xiaomi dalam siaran persnya yang diterima Holopis.com, Selasa (11/10).

Sebelumnya diberitakan, Redmi A1 akan diluncurkan Xiaomi, pada 28 Oktober 2022 bertepatan dengan Hari Sumpah pemuda. Produk terbaru Xiaomi ini hadir dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sebesar 40,3 persen.

TKDN yang mencapai lebih dari 30 persen itu melebihi kadar yang ditentukan dalam Peraturan Menteri Kominfo No 13 Tahun 2021 yakni sebesar 35 persen.

Xiaomi merinci, TKDN 40,3 persen Redmi A1 meliputi manufaktur (penyediaan mesin produksi, penggunaan tenaga kerja lokal, penambahan proses SMT untuk perakitan PCB), pengembangan produk untuk software secara lokal dan pengembangan aplikasi yang bekerja sama dengan mitra lokal.