Buah Jamblang Ternyata Bisa Perkuat Imun Tubuh

0
264

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia dikenal dengan surga buah-buahan eksotis, yang  jarang ditemui di negara lain. Iklim tropis, menjadi faktor utama banyaknya buah-buahan khas Indonesia. Sebut saja buah srikaya, rambutan, belimbing, kecapi, jamblang dan masih banyak lagi.

Kali ini, akan membahas buah jamblang, buah istimewah yang sering dijumpai, namun tidak jarang Sobat Holopis tahu manfaat buah tersebut khususnya bagi kesehatan tubuh.

Buah Jamblang atau Syzygium cumini, merupakan buah sejenis dengan pohon jambu. Masyarakat lokal khususnya di pulau Jawa, sering menyebutnya dengan jambu keling atau duwet.

Tidak hanya di Pulau Jawa, beberapa wilayah di Indonesia memiliki sebutan khusus untuk buah yang dominan berwarna gelap. Di Aceh disebut dengan Jambu Keling, sedangkan di Riau dikenal dengan Jambu Koliong dan di Ternate disebut Jambula.

Memiliki cita rasa manis dan asam, buah jamblang sering digunakan sebagai alternatif pembuatan minuman beralkohol pengganti anggur, selain itu bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minuman segar.

Buah Jamblang Atau Buah Duwet

Buah jamblang atau duwet, berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 2 sampai 3 cm, warna buah jika belum masak berwarna hijau, namun jika sudah matang berwarna merah keungu-unguan yang cenderung kehitaman.

Dikutip Holopis.com dari situs Universitas Gadjah Mada (UGM), buah jamblang memiliki kandungan gizi, yakni mineral, energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, beta karoten, niasin dan vitamin C.

Berikut manfaat buah jamblang untuk kesehatan tubuh

Pencegah Stres

Buah Jamblang memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi dikarenakan besarnya kandungan antosianin. Buah yang sering disebut “duwet” sebagai antioksidan alami pencegah stres. Dengan mengkonsumsinya secara rutin mampu mencegah kenaikan darah dan meningkatnya stres akut.

Mampu Cegah Kanker

Manfaat lain yang terkandung dalam buah jamblang didapatkan dari berbagai antioksidan di dalamnya. Dari hasil penelitian, mengungkapkan bahwa kandungan fitokimia bioaktif dalam buah jamblang, termasuk senyawa polifenol dan flavonoid, bisa cegah kanker karena memiliki sifat anti kanker dan kemopreventif.

Mampu Memperkuat Imunitas Tubuh

Buah jamblang mengandung vitamin C dan berbagai antioksidan yang bisa meningkatkan produksi sel darah putih dan memperkuat imunitas. Karena itu, konsumsi buah ini secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit infeksi, seperti pilek, asma, atau penyakit menular lainnya.

Mampu Menurunkan Gula Darah

Walaupun buah jamblang memiliki rasa yang manis, kandungan oleanolic di dalam buah jamblang ternyata dapat menjaga kadar gula darah agar tidak meningkat. Ternyata, buah tersebut bisa dikonsumsi oleh penyandang diabetes, loh.

Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Jika mengonsumsi 100 gram buah jamblang, sama seperti mengonsumsi 1,5 hingga 2 mg zat besi, 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, dan 16,7 mg fosfor. Kandungan gizi tersebut, mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Agar Sobat Holopis dapat merasakan manfaat dari buah jamblang secara optimal, pastikan juga untuk melaksanakan pola makan sehat dan bergizi. Meluangkan waktu untuk berolahraga rutin selama 30 menit, istirahat yang cukup, dan wajib untuk berpikir positif.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini