HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan kabar gembira terkait status Endemi Covid-19 di Indonesia.

Dia menyebut, status Pandemi Covid-19 di Tanah Air kemungkinan akan berubah menjadi Endemi Covid-19 pada tahun depan, yakni di tahun 2023.

“(Status Covid-19 jadi Endemi tahun depan) sangat ada,” tegas dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Rabu (12/10).

Luhut menjelaskan, hal tersebut dapat dilihat dari kasus Covid-19 di Indonesia yang mulai melandai dalam beberapa bulan terakhir.

Bahkan ia mengklaim, Indonesia masuk dalam jajaran negara yang dinilai sangat baik dalam penanganan penyebaran Virus Corona.

“Tetapi kita pada status yang terbaik sekarang. Di seluruh dunia mungkin, di beberapa negara, kita termasuk yang terbaik,” ujar Menko yang sekaligus Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-BalI itu.

Kendati demikian, perubahan status pandemi menjadi endemi Covid-19 tersebut, lanjut Luhut, harus tetap mengacu pada kebijakan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Diharapkan dalam beberapa bulan ke depan, tidak ada lagi varian baru Covid-19 yang muncul di dunia, khususnya di Indonesia.

“Ya kita akan lihat. Kita harus tetap nurut kepada WHO. Jadi WHO nanti statusnya. Tapi kita enggak tahu kalau ada varian yang baru,” terangnya.

Diberitakan Holopis.com sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa pemerintah kemungkinan dalam waktu dekat akan mengumumkan Pandemi Covid-19 akan berakhir alias Endemi.

Orang nomor satu di Indonesia itu juga diketahui telah menginstruksikan kepada Menko Perekonomian sekaligus Koordinator PPKM di Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto untuk mengevaluasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Tanah Air.

Apabila hingga Februari 2023, kasus terkonfirmasi Covid-19 terus melandai dan vaksinasi terus diperluas dengan baik, terbuka peluang Indonesia akan merubah status Pandemi menjadi Endemi Covid-19.