HOLOPIS.COM, MALANG – Tokoh masyarakat Malang, Jawa Timur, Habib Syakur Ali Mahdi Alhamid mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang telah mencopot Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta dari jabatannya.

Habib Syakur pun menyampaikan terima kasih kepada kepada Kapolri karena sudah memenuhi aspirasi dan manjawab keresahan masyarakat, wabil khusus masyarakat Malang yang saat ini tengah menunggu proses hukum dari tragedi Kanjuruhan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolri sudah tanggap, jeli menyerap aspirasi suara masyarakat Malang, yang menginginkan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta diganti,” kata Habib Syakur kepada Holopis.com, Selasa (11/10).

Dia juga menilai penunjukan Irjen Pol Teddy Minahasa Putra menjadi Kapolda Jatim baru sebagai langkah yang tepat.

Habib Syakur memandang, Teddy adalah sosok perwira yang tepat untuk menjadi Kapolda Jatim. Hal itu merujuk pada pengalamannya yang pernah menjabat sebagai Kapolres Malang Kota.

“Digantinya Kapolda Jatim ini dapat membawa sesuatu yang baru, apalagi penggantinya adalah Teddy Minahasa mantan Kapolres Malang Kota,” ucap tokoh yang juga sebagai Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) itu

Lebih lanjut, Habib Syakur mengatakan bahwa penggantian Kapolda Jatim itu merupakan momentum yang tepat untuk menguji indepedensi Polri di tengah penanganan tragedi Kanjuruhan. Pasalnya, posisi Kapolda sebagai penanggung jawab penuh atas wilayah yang dipimpinya.

Dia pun berharap agar kepercayaan masyarakat Jawa Timur pada khususnya dan rakyat Indonesia pada umumnya terhadap institusi Polri dapat lebih baik ke depannya.

“Semoga tergerak lagi rasa kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin hari semakin lebih baik untuk sebuah perubahan,” tutup Habib Syakur.