HOLOPIS.COM, JAWA TIMUR – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah resmi mencopot Irjen Pol Nico Afinta dari jabatannya sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim). Hal itu termuat dalam surat Telegram Nomor ST/2134/X/KEP/2022.

Nama jenderal bintang dua tersebut memang sempat menuai sorotan publik usai tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan suporter Arema Malang.

Salah satu tokoh masyarakat, yakni Ketua Pimpinan Wilayah Generasi Muda Pembangunan Indonesia (PW GMPI) Jawa Timur Sugondo mengapresiasi langkah Kapolri terkait hal tersebut.

Dia memandang langkah tersebut sebagai langkah yang tepat dalam memperbaiki kinerja dan juga citra Polri di mata masyarakat, khususnya masyarakat Jawa Timur.

“Pencopotan Kapolda Jatim ini satu langkah tepat dan strategis yang diambil bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit. Dan saya sangat mengapresiasi kebijakan bapak Kapolri bisa memperbaiki kinerja ataupun citra polri di Jawa Timur,” kata Sugondo dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Selasa (11/10).

Sugondo pun turut menyambut baik keputusan Kapolri yang menunjuk Irjen Pol Teddy Minahasa untuk memimpin Polda Jatim, menggantikan Nico Afinta.

“Selamat datang bapak Teddy Minahasa Putra, welcome to East Java, kami berharap banyak pada bapak, semoga bapak beserta jajarannya bisa bekerja maksimal dalam menegakkan hukum di daerah kami,” ujarnya.

Sugondo berharap agar pihaknya bisa berkolaborasi dengan Polda Jatim di bawah kepemimpinan mantan Kapolda Sumatera Barat tersebut, untuk menata kembali penegakan hukum di Jawa Timur, khususnya bagi para generasi muda.

“GMPI Jatim juga siap bermitra dengan polda jawa timur demi terciptanya generasi muda yang gemilang dan sadar hukum,” pungkasnya.