HOLOPIS.COM, JAKARTA – Banda Neira yang terletak di Kabupaten Maluku Tengah merupakan salah satu pulau di Kepulauan Belanda yang indah dan merupakan lokasi wisata cukup terkenal di Indonesia.

Karena potensi dan keindahan yang disuguhkan Banda Neira, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku mengatakan, pihaknya saat ini tengah memperjuangkan Banda Neira, sebagai prioritas wisata tingkat nasional.

“Saat ini, yang menjadi utang besar dan target kita adalah bagaimana destinasi wisata yang ada di Maluku, salah satunya yang kita perjuangkan yaitu Banda Neira, bisa jadi prioritas wisata nasional,” kata Plt Kepala Dispar Maluku, Afandi Hasanusi, yang dikutip Holopis.com, Selasa (11/10).

Menurutnya, suguhan wisata dari Banda Neira telah komplit, karena memiliki potensi wisata budaya, sejarah, bahari, dan masih banyak lagi.

Keindahan Banda Neira
Keindahan Banda Neira.

Tak hanya memiliki potensi yang sangat baik, Afandi mengatakan bahwa demi mewujudkan tujuan Dispar, perlu ada perhatian dari pemerintah pusat.

“Sampai hari ini, kenapa Maluku tidak masuk sebagai prioritas nasional. Tentunya kita juga perlu instrospeksi diri. Apa pun persyaratannya, kita usahakan memenuhi,” lanjutnya.

Saat ini, beberapa tempat yang bisa dikunjungi jika Sobat Holopis berencana untuk berwisata ke Banda Neira, adalah Benteng Belgica, Benteng Nassau, Istana Mini Neira, Rumah Budaya Banda Neira, Rumah Pengasingan Bung Hatta, Lava Flow, dll.