Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizDorong RUU PPSK, Sri Mulyani : Bisa Buat Sektor Keuangan Makin Efisien

Dorong RUU PPSK, Sri Mulyani : Bisa Buat Sektor Keuangan Makin Efisien

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mendorong agar Rancangan Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (RUU PPSK) segera disahkan.

Menurutnya, RUU tersebut dapat menciptakan sektor keuangan yang makin inovatif dan efisien. Pasalnya, dalam RUU tersebut terdapat peraturan yang bisa meningkatkan akses jasa keuangan, memperluas sumber pembiayaan jangka panjang, dan meningkatkan daya saing.

Selain itu, RUU PPSK juga bisa meningkatkan efisiensi dalam mengembangkan instrumen, memperkuat mitigasi risiko, serta meningkatkan perlindungan investor dan konsumen.

“Penguatan sektor keuangan yang akan dibahas dalam RUU PPSK diharapkan akan dapat menghasilkan sektor keuangan yang makin dalam, makin maju, inovatif dan efisien, inklusi, dan tentunya sektor keuangan yang bisa dipercaya oleh para investor, masyarakat, serta sektor keuangan yang stabil dan kuat,” ungkap Sri Mulyani dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Selasa (11/10).

Bendahara Negara itu menuturkan RUU PPSK sangat strategis, mengingat beleid ini mengatur industri perbankan, pasar modal, asuransi, dana pensiun, fintech, hingga akses pembiayaan bagi UMKM.

“Saya berharap seluruh institusi dan elemen masyarakat akan ikut mendukung dan mengawal perwujudan Omnibus Law regulasi di sektor keuangan ini,” tandasnya.

Salah satu hal yang menjadi sorotan dari RUU tersebut adalah rencana revisi kewenangan beberapa lembaga, seperti Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Terdapat beberapa aturan baru dalam beleid tersebut, seperti LPS bakal menjamin polis asuransi dan politisi bisa menjadi dewan gubernur BI

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Wamentan Optimis Indonesia Mampu Susul Tiongkok Wujudkan Swasembada Pangan

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Sudaryono optimis, Indonesia bisa mewujudkan swasembada pangan seperti yang dilakukan oleh Tiongkok, yang saat ini memiliki jumlah populasi penduduk mencapai 1 miliar jiwa.

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi.