HOLOPIS.COM, YOGYAKARTA – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim bahwa dirinya banyak mendapatkan pertanyaan mengenai kondisi Jakarta yang mulai dilanda banjir parah menjelang lengsernya Anies Baswedan sebagai Gubernur.

Hasto kemudian menyatakan, pertanyaan itu seharusnya diberikan dan bisa dijawab oleh partai Nasdem yang telah mencalonkan Anies sebagai bakal calon presiden 2024.

“Seringkali politik itu melupakan bagaimana alam juga berbicara. Jadi ini saya di Jogja kan, ketika saya ketemu datang ke Jogja banyak yang bertanya ‘ini setelah Pak Anies dideklarasikan kenapa alam tidak bersahabat lalu banyak muncul banjir’,” kata Hasto dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Senin (10/10).

Itu pertanyaan masyarakat, ya itu NasDem yang harus menjawab,” lanjutnya.

Desakan tersebut menurut Hasto, berkaca kepada apa yang telah dilakukan PDIP saat mencalonkan Jokowi sebagai Gubernur DKI maupun Presiden.

“Dulu ketika Pak Jokowi menjadi Gubernur kami calonkan sebagai Presiden yang pertama kali kan PDIP. Kalau ada apa-apa dengan Pak Jokowi kami yang di depan. Itu hukum demokrasi,” bebernya.

Diketahui bahwa wilayah Jakarta beberapa hari terakhir kerap dilanda banjir di beberapa wilayah. Banjir itu sendiri kebetulan terjadi beberapa hari usai Anies diumumkan oleh partai Nasdem sebagai Bacapres 2024.