Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Sejumlah Wanita Cantik Berseragam Tentara Israel, dianggap Propaganda Israel sebagai Strategi Mengalihkan Kejahatan Perang

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Belakangan video sejumlah wanita cantik berseragam tentara Israel jadi viral di TikTok. Menampilkan kemolekan wajah dan tubuh mereka, video-video tersebut tentu mendapat perhatian banyak netizen.
Tapi tak hanya pujian, berbagai postingan juga mengundang kritikan karena Israel terlibat konflik dengan Palestina. Membuat konten selagi membela negara, postingan mereka pun dianggap sebagai propaganda.
Seorang wanita bernama Natalia Fadeev adalah salah satu tentara Israel yang jadi perhatian di TikTok. Video-videonya menarik lebih dari 1 juta pengikut dan telah disukai lebih dari 6,8 juta kali. Sering mengunggah konten-konten pro militer Israel, ia mendapat pujian sekaligus kritikan. Misalnya pada salah satu video yang menyatakan jika Israel punya tentara terkuat setelah negaranya berusaha dihancurkan.


Dalam video lain, ia terlihat menari dengan seragam dan mengungkapkan kebanggaannya tergabung dalam IDF (Pasukan Pertahanan Israel) selama tiga tahun. Natalia juga bertanya pada netizen apakah ia terlihat seperti seseorang yang bisa melukai orang tidak bersalah dan meminta mereka untuk tidak menyebarkan kebohongan mengenai Israel.
Setelah 11 hari saling serang antara Hamas dan Israel, dilaporkan lebih dari 250 korban yang kehilangan nyawa di Jalur Gaza Palestina dan bahkan 65 diantaranya adalah anak-anak.
Karena itu, video-video Natalia menimbulkan perdebatan panas di TikTok. Banyak netizen berkomentar jika video-video seksinya adalah usaha IDF untuk menyamarkan fakta bahwa tentaranya sudah menyerang orang tidak bersalah.
“Kamu tidak terlihat bertampang kriminal karena kamu cantik,” “Berapa banyak kamu dibayar untuk mengunggah ini?” “Aku sangat seksi aku tidak mungkin terlibat kejahatan perang,” tulis para netizen.
Tentara wanita Israel lain yang punya banyak follower di TikTok adalah Yael Deri. Video-videonya pun kerap diunggah ulang di akun TikTok resmi IDF yang memang sering menampilkan postingan tentara cantik IDF lain. Banyak pihak mencurigainya sebagai sebuah ‘strategi’ karena akun IDF semakin aktif mengunggah saat perang kembali memanas.

Profesor antropologi budaya Rebecca Stein menyebut jika hal tersebut bisa jadi salah satu cara Israel mengontrol narasi yang beredar di media. Kepada Rolling Stone, ia mengatakan jika militer Israel memang sering mengagungkan tentara cantik mereka sebagai simbol negara.
Namun hal ini belum tentu membuahkan hasil mengingat lebih banyak orang yang simpati pada Palestina. “Kami lihat konten dan pesannya dikerdilkan oleh (besarnya) skala penggunaan media sosial (untuk mendukung) Palestina dan solidaritas global,” ujarnya.(STV)

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.

PBB : Israel Langgar Perjanjian Global Tentang Hak Anak

Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuding Israel telah melakukan pelanggaran yang berat, yaitu melanggar perjanjian global tentang melindungi hak anak-anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru