HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Ganjar Pranowo Mania (GP Mania) Immanuel Ebenezer mengklaim elektabilitas Gubernur Ganjar Pranowo yang stabil seperti Presiden Joko Widodo.

“Kita lihat fenomena ini kan fenomena tidak terlalu jauh dengan fenomena Jokowi, dimana saat itu resistensi terhadap Jokowi cukup tinggi begitu tinggi di internal partai PDIP dan elit-elit partai di PDIP, dan itu terulang kembali di Mas Ganjar,” kata Immanuel di kanal Youtube Padasuka TV, dikutip Rabu (28/9).

Meski demikian, yang membedakan adalah penolakan elit partai terhadap Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dilakukan secara terbuka.

“Tapi Mas Ganjar terlalu kuat penolakan beberapa elit PDIP secara terbuka, tapi saya kira kehendak rakyat tidak bisa dibendung lagi,” ucap Immanuel.

Selanjutnya, Pengamat Politik Muhammad AS Hikam menyebutkan, walaupun elektabilitas suatu calon tinggi, namun semua kembali ke dalam keputusan partai.

“Tetapi kita juga harus ingat bahwa di Republik Indonesia tercinta ini ada aturan main, dimana partai politik itu memang masih mempunyai kekuatan yang luar biasa di dalam menentukan pencalonan, tidak hanya caleg saja tapi juga capres,” jelasnya.