HOLOPIS.COM, JAKARTA – MotoGP 2023 akan tambah satu seri yang akan digelar di Sokol Circuit, Almaty, Kazakhstan. Dorna menjalin kontrak selama lima tahun, Kazakhstan menjadi negara ke-30 tempat digelarnya MotoGP.

“Kejuaraan dunia MotoGP akan datang ke Kazakhstan! 2023 menjadi awal dari kontrak selama lima tahun di MotoGP dengan wilayah baru dengan Sirkuit Internasional Sokol bergabung ke dalam kalender,” pernyataan resmi motoGP dalam rilis, Selasa (27/9).

Itu artinya, akan ada 21 seri di MotoGP 2023 yang akan dimulai dengan MotoGP Portugal di sirkuit Algarve, Portimao, yang akan akan menjadi seri pembuka pada 26 Maret 2023. Sementara Sirkuit Losail, Qatar tidak jadi seri pembuka MotoGP, karena sedang menjalani renovasi.

Untuk negara di Asia, MotoGP akan digelar di MotoGP Qatar, MotoGP Jepang, MotoGP Thailand, MotoGP Malaysia, MotoGP Kazakhstan dan MotoGP Indonesia.

Sedangkan tim balap yang tidak akan ikut MotoGP 2023, yakni Suzuki yang sudah resmi mengundurkan diri. Kemudian, RNF Racing akan menggunakan mesin Aprilia. Sedangkan tim Tech3 KTM akan mengganti nama menjadi GasGas Factory Racing.