HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sebagian besar orang Indonesia melakukan kegiatan meminum teh, kebiasaan ini tampaknya dilakukan oleh semua golongan dan usia. Tradisi minum teh di Indonesia dilakukan tanpa ada aturan, tidak seperti budaya minum teh Jepang yang memiliki ritual khusus dalam meminum teh.

Namun tradisi atau kegiatan minum teh di Indonesia tidak mengenal batas waktu, ada kalanya teh diminum di pagi hari, siang, sampai malam hari. Bagi Sobat Holopis yang gemar minum teh, wajib untuk cobain teh lavender.

Bunga Lavender atau Lavandula angustifolia adalah tanaman terwangi di dunia. lavender juga dapat dijadikan sebagai teh, biasanya digunakan juga sebagai campuran untuk menambahkan aroma yang menenangkan.

Dilansir dari situs Klik Dokter, berikut adalah manfaat teh lavender untuk kesehatan tubuh :

1. Melegakan Saluran Pernapasan

Teh lavender memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu melegakan gangguan saluran pernapasan. Efek antibakteri pada teh lavender juga membantu membasmi bakteri penyebab flu. Oleh karena itu, teh lavender juga dapat mengatasi keluhan hidung tersumbat.

2. Memperbaiki Tidur

Meminum teh lavender sebelum tidur dapat membuat tidur Sobat Holopis lebih nyenyak di malam hari. Berdasarkan berbagai penelitian, teh lavender meningkatkan produksi dopamine dan menurunkan hormon stres, yaitu kortisol. Efeknya adalah menenangkan pikiran.

3. Melancarkan Pencernaan

Khasiat yang terkandung di dalam teh lavender, diperoleh dari efek antispasmodik yang dapat mengurangi ketegangan otot pencernaan sehingga mengatasi kembung dan nyeri perut. Aromanya menstimulasi produksi empedu sehingga makanan dapat dicerna secara efisien.

4. Meredakan Nyeri Kepala dan Migrain

Menghirup aroma teh lavender dapat memberikan efek menenangkan yang bisa mengurangi rasa nyeri dan migrain. Selain itu, tubuh juga bisa menjadi rileks sehingga terasa lebih nyaman saat beristirahat.

5. Menstabilkan Mood dan Sistem Saraf Pusat

Terdapat kandungan linalool dalam lavender. Kandungan tersebut dikatakan mampu menstimulasi aktivitas di bagian otak tertentu. Pada akhirnya, dapat memberikan efek perbaikan mood dan efek menenangkan.

Manfaat Teh Lavender untuk kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi, bagi Sobat Holopis yang ingin mencoba teh tersebut, dapat dengan mudah membelinya di supermarket, toko herbal, maupun e-commerce dengan harga terjangkau.