HOLOPIS.COM, JAKARTA – Polemik Es Teh Indonesia terus berlanjut, berawal dari kritikan konsumen melalui akun twitter @gandhoyy yang menyampaikan bahwa salah satu varian Es Teh Indonesia, yakni Chizu Red Velvet dinilai terlalu manis. Kini persoalan itu bnerbuntut panjang.

“Abis minum es teh Indonesia yang chizu red velvet pertama kali dan terakhir kali. An**ng lu gila yak itu bukan minuman t*i tapi gula 3kg dikocok sama SP bahan kue t*l*l banget siapa yang bikin ini minuman b*n*s*t, bangkrut aja lu mending dari pada bocah kena diabetes massal,” ujar akun twitter @gandhoyy, Senin (26/9).

Melewati tim legal, Es Teh Indonesia melayangkan somasinya kepada salah satu konsumen tersebut. Melalui surat somasi Nomor: 001/EKS/LEGAL/ST-EIM/IX/2022, mereka menyampaikan bahwa pernyataan atas rasa manis bersifat subjektif yang berakibat pada pemberian informasi keliru atau menyesatkan konsumen lainnya.

Selain itu, penyampaian kalimat yang menggunakan sebutan hewan tersebut pun dianggap telah menyinggung Es Teh Indonesia, mereka merasa terhina atau tercemarkan nama baiknya.

Pihak Es Teh Indonesia dalam surat somasinya meminta agar penghapusan tweet dan klarifikasi atas pernyataan akun twitter @gandhoyy.

somasi es teh
Somasi Es Teh. Sumber : https://twitter.com/Gandhoyy/status/1573839475406680064/photo/1

Oleh sebab itu, dalam klasifikasinya, ia menyampaikan permohonan maaf akibat tweetnya kepada pihak Es Teh Indonesia yang mengaku mengalami kerugian.

“Sehingga disini saya sendiri ingin memohon maaf kepada PT. Es Teh Indonesia Makmur karena saya telah membuat tweet yang ramai diperbincangkan publik yang berhubungan dengan salah satu produknya yaitu ‘Chizu Red Velvet’,” ungkapnya.

Namun persoalan tersebut mendapatkan perhatian tinggi dari publik, sejak pagi tadi kata ‘Somasi’ dan “Es Teh” menjadi trending teratas twitter.

Akun Twitter Ismail Fahmi, melalui cuitannya menyampaikan bahwa kandungan gula dalam minuman Es Teh sebanyak 31g (informasi dari akun instagram @esteh.indonesia), yang artinya 7,75 sendok teh jika ukuran gelas besar.

Ia menambahkan, maksimal mengkonsumsi gula perhari yang dianjurkan rata-rata 50g, atau 12,5 sendok teh atau 2 sendok makan.

https://www.instagram.com/reel/Ci9nJWJhWry/?utm_source=ig_web_copy_link