HOLOPIS.COM, JAKARTA – Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF resmi merilis ranking terbaru, beberapa wakil Indonesia pun ada yang bertahan di posisi semula hingga ada juga yang turun tahta.

Salah satu yang menjadi fokus perhatian adalah pasangan ganda putra terbaik Indonesia, yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, atau kerap disebut The Minions.

The Minions harus rela lengser dari posisi puncak ganda putra dunia yang sudah melekat sejak 2017 silam, dimana mereka kini tergusur oleh penampilan konsisten wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Efek ketidakkonsistenan hingga kerap cederanya Marcus Fernaldi Gideon dinilai menjadi hal yang membuat mereka turun tahta saat ini.

Dengan begitu, hal ini kemudian menjadi pertama kalinya Indonesia tanpa wakil di posisi puncak BWF dalam lima tahun terakhir.

Sementara, wakil andalan Indonesia lainnya masih ada yang bertahan di posisi semula pada 10 besar. Seperti dari tunggal putra, peringkat enam dunia masih dihuni Anthony Sinisuka Ginting dan posisi delapan oleh Jonatan Christie.

Dari ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan masih bertahan di peringkat empat dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di posisi enam, dan wakil lainnya di luar 10 besar.

Kemudian, ada pasangan baru Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang naik kelas ke peringkat 28 dunia ganda putri, serta masih bertahannya Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di peringkat lima ganda campuran.