HOLOPIS.COM, JAKARTA – Analis Pertahanan, Militer dan Intelijen Connie Rahakundini Bakrie mengatakan, video kemarahan prajurit angkatan darat tidak menunjukkan emosi anggota TNI.

“Jadi sekali lagi ini bukan kemarahan TNI, tapi kemarahan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dan para personel angkatan darat, bedakan ya,” kata Connie di kanal Youtube Akbar Faizal Uncensored yang dikutip Selasa (20/9).

Hal tersebut disampaikan Connie setelah melihat video Jendral Dudung Abdurachman yang diduga bocor. Dalam video itu, sang jendral tampak menunjukkan kemarahannya di depan anak buahnya.

“Ini jelas-jelas tidak spontan, jelas-jelas tadi kita dengarkan sendiri kagetnya kita semua ternyata ini diperintahkan oleh KSAD,” ujarnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan apabila TNI tersinggung bukan hanya angkatan darat saja yang bersuara, tapi juga angkatan laut dan angkatan udara, meskipun ia sendiri sanksi hal tersebut.

“Karena kalau ini kemarahan TNI pasti Kepala Staf Angkatan Udara dan Kepala Staf Angkatan Laut mungkin berbuat yang sama, tapi saya yakin enggak,” jelasnya.

“Kenapa enggak? Karena begini Kepala Staf fungsinya itu pembinaan, bukan penggunaan kekuatan, memerintahkan para prajurit, para Pamen, para Pati,” sambungnya.