HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kacang panjang pasti sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Makanan ini kerap dijadikan lauk santapan bersama nasi hangat. Sering kali dimasak menjadi tumis kacang panjang, pencok kacang panjang, dan lainnya. Selain rasanya yang nikmat, kacang panjang ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kacang panjang mampu melengkapi kebutuhan gizi sehari-hari untuk tubuh.

Berikut ini, manfaat kacang panjang bagi kesehatan :

1. Meredakan nyeri menstruasi

Kacang panjang dapat meringankan nyeri akibat menstruasi. Manfaat tersebut, didapatkan dari kandungan mineral yang mangan pada kacang kacang. Mangan adalah mineral yang mengambil peran penting pada siklus reproduksi perempuan.

Kandungan mangan membantu meringankan nyeri atau kram pertu yang disebabkan oleh menstruasi. Selain itu, mangan dapat membantu memperbaiki mood.

2. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ini didapatkan dari serat larut pada kacang panjang yang dapat menekan jumlah kolestrol jahat. Oleh karena itu, sayuran ini dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam gula darah.

Kacang panjang juga dapat mencegah peradangan pada pembuluh darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

3. Merawat kulit

Kacang panjang kaya akan vitamin C yang dapat mencegah kemunculan keriput di kulit. Tak hanya itu, tanaman berwarna hijau ini, juga membantu proses penyembuhan kulit kemerahan dan kering.
Manfaat lainnya, yang bakal disukai Sobat Holopis adalah membantu memperlambat proses penuaan. Kemudian, vitamin C pada sayur ini dapat menekan perkembangan kanker kulit.

4. Mencegah kanker

Sayuran yang kecil memanjang ini, mengandung antioksidan nabati, seperti flavonoid dan riboflavin (vitamin B2) yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Kemudian, kandungan asam folat yang tinggi dapat mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, serviks, payudara, otak dan paru-paru.

5. Membesarkan payudara

Dalam sebuah penelitian di Universitas Gadjah Mada, ditemukan kacang panjang dapat membesarkan payudara. Manfaat tersebut, berasal dari kandungan fitoestrogen yang dapat merangsang tumbuhnya sel epitel dalam payudara. Oleh sebab itu, kacang panjang dapat membesarkan ukuran payudara.

6. Menurunkan resiko asam urat

Dalam masyarakat tradisional, kebanyakan penderita asam urat akan memiliki menghindari kacang panjang sebagai lauk karena dikhawatirkan akan memperparah kondisi asam urat. Namun, sayuran ini ternyata memiliki manfaat yang baik bagi penderita asam urat.

Kandungan Vitamin C pada tanaman hijau ini berperan sebagai antioksidan yang mencegah kerusakan radikal bebas, bahan kimia beracun, dan polusi.

Penumpukan radikal bebas dapat menyebabkan beberapa penyakit, meliputi sakit jantung, radang sendi, dan kanker.