HOLOPIS.COM, JAKARTA – Nama Bacuya secara resmi dipilih jadi Maskot Piala Dunia U-20 2023 Indonesia.

Peluncuran maskot Piala Dunia U-20 2023 tersebut diresmikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta PSSI di Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Minggu, (18/9).

Selain dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali, ada pun Direktur Utama Liga Indonesia Baru Ahmad Hadian Lukita hingga perwakilan dari FIFA, yakni Jaime Yarza selaku FIFA Tournament Director dan FIFA U-20 Project Lead, Christian Schmolzer.

Nama Bucaya itu sendiri merupakan singkatan dari Badak Cula Cahaya, dimana hal tersebut terinspirasi dari Badak Jawa bercula satu yang merupakan hewan asli Indonesia.

“Maskotnya masih nuansa Indonesia. Badak bercula adalah hewan khas Indonesia. Logonya juga sudah Indonesia banget. Kita doakan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia bisa terlaksana dengan sukses, lancar, aman, dan terkendali,” ungkap Iriawan dikutip tim redaksi Holopis.com, Minggu (18/9).

Seiring dengan peluncuran Bacuya di Bundaran HI, Iriawan juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali yang terus memberikan dukungan hingga saat ini.

Mochamad Iriawan juga turut mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada delegasi FIFA karena telah memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 yang sebelumnya akan dilaksanakan tahun 2021, karena pandemi, dimundurkan menjadi tahun 2023.

Dalam kesempatan yang sama, Menpora Zainudin Amali juga turut menuturkan bahwa dirinya berharap dengan diresmikannya maskot Piala Dunia U-20 2023 dan dengan berlangsungnya perhelatan nanti, seluruh khalayak bisa menyukseskan gelaran ini bersama-sama.

“Hari ini saya dan kita semua telah melihat maskot untuk Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang bernama Bacuya, saya berharap kita semua bisa menyukseskan gelaran ini, agar FIFA semakin yakin dan percaya Indonesia akan menjadi tuan rumah yang baik,” kata Menpora Amali.

“Mungkin saja nanti Piala Dunia Senior akan diselenggarakan di sini, karena menurut survei sekitar 70% masyarakat Indonesia menyukai sepakbola dan sangat antusias dengan olah raga ini,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, dalam acara peluncuran yang digelar seiring dengan agenda car free day (CFD) tersebut, turut dimeriahkan juga dengan drum band yang mengiringi pawai maskot Piala Dunia U-20 2023, dengan alunan musik daerah Indonesia.