Sabtu, 28 September 2024
Sabtu, 28 September 2024
NewsEkobizAnak Buah Bahlil Heran SDA Indonesia Melimpah Tapi Tak Jadi Negara Maju

Anak Buah Bahlil Heran SDA Indonesia Melimpah Tapi Tak Jadi Negara Maju

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Deputi Bidang Pelayanan Penanaman Modal Kementerian Invetasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Ahmad Idrus mengaku heran dengan Indonesia yang hingga kini belum juga menjadi negara maju, padahal memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah.

Menurutnya, salah satu penyebabnya yakni masih rendahnya rasio penduduk Indonesia yang menjadi pengusaha, yakni di angka 3 %. Padahal, kata Idrus, sebuah negara disebut sebagai negara maju ketika minimal 14% populasi penduduknya menjadi pengusaha.

“Malaysia baru 5%, Singapura 7%, kita di bawah itu, padahal kita punya sumber daya alam yang banyak,” ujar Ahmad Idrus dalam acara pemberian Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada pelaku UMKM di kota Cilegon, Kamis (15/9).

Anak Buah Menteri Investasi Bahlil Lahadalia itu menuturkan, bahwa Indonesia memiliki alam kekayaan alam luar biasa melimpah untuk digarap, namun masyarakat lebih memilih untuk menjadi seorang pegawai.

“Jadi ini (pemberian NIB) kita jadikan gerakan nasional, mengajak warga negara untuk memilih profesi sebagai pengusaha, sebab kita baru 3% penduduk jadi pengusaha,” lanjutnya.

Idrus mengaku, pihaknya di pemerintahan saat ini tengah berusaha mengajak masyarakat untuk menjadi pengusaha, salah upaya yang dilakukan yakni pemberian NIB yang masif di banyak tempat.

Dengan begitu, para pelaku usaha akan lebih mudah ketika ingin melakukan ekspansi bisnis lantaran akses permodalan ke perbankan akan jauh lebih mudah ketika pelaku usaha memiliki NIB.

“Dalam kajian itu pemerintah saat ini mencoba mengajak seluruh warga negara untuk mau berusaha, terutama di usaha mikro dan kecil, karena banyak saat ini anak selesai kuliah malah disuruh daftar jadi PNS,” kata Ahmad Idrus.

DIa sebagai Pegawai Negeri SIpil (PNS) mengaku menderita dengan kondisi saat ini, dimana banyak pengusaha muda yang omzetnya justru jauh lebih tinggi daripada gaji sebagai PNS tanpa harus mengeluarkan banyak modal.

“Di beberapa tempat anak-anak mahasiswa sudah berpenghasilan hingga Rp50 juta, melalui UMK dan dipasarkan online, tanpa punya tempat, itu di solo ada,” ujarnya.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Buruh Minta Kenaikan Upah Minimum Tahun 2025 Jadi 8-10%

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI)...

Jelang Akhir Pekan, IHSG Malah Ditutup Tak Bergairah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terpantau melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan, Jumat 27 September 2024.

ESDM Targetkan Tambahan Kapasitas PLTB 5 GW hingga 2030

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan PT PLN (Persero) tengah menyusun Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) tahun 2025-2035 serta Rencana Umum Ketenagalistrikan Nasional (RUKN).

Harga Emas Antam Hari ini Stagnan Lagi, Per Gram Dibanderol Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Jumat 27 September 2024.