HOLOPIS.COM, JAKARTA – Electronic Arts (EA) dan Maxis mengumumkan bahwa para gamers akan segera dapat mengunduh game dasar The Sims 4 secara gratis.

The Sims 4 akhirnya menjadi game free-to-play setelah delapan tahun diluncurkan pada September 2014.

Selama masa pakainya, simulator kehidupan ikonik ini telah menikmati banyak paket konten dalam berbagai ukuran. Selain itu, EA tidak memiliki rencana untuk menghentikan dukungan pasca-peluncuran, karena Maxis meluncurkan High School Years, paket ekspansi Sims 4 terbaru, hanya beberapa bulan yang lalu dengan janji merilis lebih banyak konten sebelum tahun ini berakhir.

Dinikmati oleh lebih dari 31 juta pemain di seluruh dunia, sulit untuk membantah bahwa angsuran keempat dalam waralaba Sims telah sangat populer, meskipun sempat tersendat-sendat.

Jumlah ini akan bertambah dalam waktu dekat, karena Maxis dan EA telah mengajukan pengumuman yang membuat komunitas Sims dihebohkan dengan spekulasi dan rumor.

The Sims 4 akan tersedia gratis untuk semua orang pada tanggal 18 Oktober 2022. Selain streaming video edisi khusus yang akan menampilkan konten Sims 4 mendatang, pemain akan dapat mengunduh game dasar secara gratis di semua platform.

Selanjutnya, pemilik Sims 4 yang ada akan menerima paket Desert Luxe mendatang secara gratis dalam promosi yang berlangsung dari 14 September hingga 17 Oktober.

Meskipun permainan dasar masih menawarkan banyak kesenangan bagi pendatang baru, banyak pemain veteran dengan cepat menyadari bahwa ini adalah langkah cerdas yang diambil oleh EA untuk mendapatkan lebih banyak orang ke dalam permainan dan berpotensi meningkatkan penjualan pada banyak paket ekspansi Sims 4.

Pada akhirnya, The Sims 4 menjadi free-to-play menguntungkan penerbit dan pemain, mengingat bahwa game dasar sekarang dapat berfungsi sebagai demo yang sempurna untuk pengalaman penuh.

The Sims 4
Tampilan game The SIMS 4 yang akan segera free-to-play

Mau tak mau orang bertanya-tanya apakah perkembangan terbaru ini membuka jalan bagi pengumuman Sims 5 dalam waktu dekat.

Format layanan langsung adalah sesuatu yang telah dicoba oleh The Sims 4 selama dekade terakhir, dan sangat masuk akal jika EA  membuat game Sims yang mampu memanfaatkan layanan langsung secara maksimal dari awal.

Meskipun belum diketahui konten masa depan yang akan ditampilkan Maxis pada streaming 18 Oktober nanti, perekrutan terbaru oleh perusahaan menunjukkan EA memiliki rencana besar untuk waralaba Sims di tahun-tahun mendatang.

The Sims 4 sekarang tersedia untuk PC, PS4, PS5, Xbox One, dan Xbox Series X/S.