HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk mengerahkan tambahan armada kapal tol laut di Pelabuhan Patimban, yakni KM Logistik Nusantara 4.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Arif Toha mengatakan dengan penambahan armada tol laut tersebut, diharapkan distribusi hasil bumi maupun produk-produk ke luar daerah semakin lancar.

“Sehingga hasil bumi maupun produk-produk daerah lainnya dapat didistribusikan ke luar daerah yang membutuhkan, begitupun sebaliknya kebutuhan pokok daerah Provinsi Jawa Barat diharapkan juga dapat terpenuhi,” ujar Dirjen Arif dalam keterangan tertulis yang dikutip holopis.com, Kamis (15/9).

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt Hendri Ginting mengungkapkan bahwa Pelabuhan Patimban menjadi pelabuhan singgah dari trayek T-3 dengan rute pelayanan yang berpangkalan di Tj. Priok – Kijang – Letung – Tarempa – Pulau Laut – Selat Lampa – Subi – Serasan – Midai – Kijang – Patimban dan kembali lagi ke Tj. Priok.

“Trayek ini dilayani oleh Kapal KM. Logistik Nusantara 4 dengan kapasitas daya angkut mencapai 115 Teus, dengan waktu tempuh kurang lebih 3 minggu,” ujarnya.

Pelabuhan Patimban merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang kini hadir melayani masyarakat dengan tambahan pelayanan baru yaitu program Tol Laut.

Diharapkan ke depannya Tol Laut ini bisa menjadi integrator ekonomi dan meningkatkan efisiensi pengiriman barang antar wilayah tertentu juga semakin meningkatkan pertumbuhan di banyak sektor.